Our Blog

What we post and publish is awesome!

Dosen Ubhara Jaya : Pelajar Harus Cerdas Gunakan Sosmed

Dosen Ubhara Jaya : Pelajar Harus Cerdas Gunakan Sosmed

Dosen Ubhara Jaya Pelajar Harus Cerdas Gunakan Sosmed

Dosen dan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

(Ubhara Jaya) memberikan penyuluhan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) Nomor 19 Tahun 2016, kepada pelajar SMKN 1 Tambun Selatan, Sabtu (3/11). Penyuluhan tersebut sebagai bentuk pencegahan dini informasi berita hoaks dan ujaran kebencian.

Dosen Pembimbing Mahasiswa, Herbert Napitupulu mengatakan

, kegiatan penyuluhan yang dilakukan sebagai bentuk pencerahan bagi pelajar sebagai penerus bangsa dalam menyikapi transaksi percakapan di dunia maya. Selain itu, sebagai edukasi karena masih banyak pelajar yang belum mengetahui tentang produk hukum UU ITE.

“Pelajar harus cerdas dalam menggunakan media sosial (sosmed). Karena, media sosial ini ada bentuk positif dan negatif,” ujarnya dalam kegiatan tersebut.

Dalam penyuluhan tersebut, kata dia, menjelaskan kepada pelajar untuk mengetahui suatu kebenaran saat menerima pesan publik (broadcast), sebelum menyebarkannya kembali kepada orang lain. Pasalnya, selama ini berita hoaks tersebar berdasarkan kecepatan dari pada kebenarannya.

“Para pelajar harus tahu juga dampak dari menyebarkan isi informasi

yang diterima sebelum disebarkan,” jelasnya.

Seorang pelajar SMKN 1 Tambun Selatan, Putri mengapresiasi kegiatan penyuluhan yang diberikan oleh dosen dan mahasiswa Ubhara Jaya karena cukup memberikan banyak manfaat.

“Penyuluhan itu sangat bermanfaat banget. Karena kita jadi tahu soal hukuman jika menyebarkan berita bohong dan pesan-pesan yang bersifat memancing kebencian akan mendapatkan hukuman yang tinggi dan denda yang cukup besar,” tandasnya dalam kesempatan yang sama

 

Baca Juga :