Our Blog

What we post and publish is awesome!

Festival Film Indonesia Bentuk Dukungan Pemerintah terhadap Dunia Perfilman

Festival Film Indonesia Bentuk Dukungan Pemerintah terhadap Dunia Perfilman

Festival Film Indonesia Bentuk Dukungan Pemerintah terhadap Dunia Perfilman

Kemendikbud — Festival Film Indonesia (FFI) 2016 merupakan penyelenggaraan FFI yang ke-38.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) bekerja sama dengan insan perfilman Indonesia menjadi penyelenggara FFI 2016 dengan tema “Restorasi”. Tema tersebut diangkat sebagai bentuk dukungan pelestarian dan pentingnya film sebagai salah satu warisan budaya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah Indonesia memberikan dukungan penuh terhadap perkembangan dunia perfilman Indonesia. “Insan perfilman Indonesia jangan berhenti berkarya. Masyarakat Indonesia juga harus terus mengapresiasi dengan menonton ke bioskop. Dan yang paling penting, pemerintah Indonesia berada di antaranya, dengan memberi dukungan penuh di bidang perfilman,” ujarnya saat memberikan sambutan di ajang pemberian penghargaan FFI 2016, di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu malam (6/11/2016).

Mendikbud menuturkan, film dapat menjadi akses yang dapat digunakan masyarakat untuk menyerap

ilmu pengetahuan. Sebuah film yang dapat menginspirasi penontonnya, berpotensi sebagai cara strategis yang dapat digunakan untuk pendidikan, baik generasi saat ini maupun generasi yang akan datang.

“Saya membayangkan generasi saat ini dan masa depan nanti memandang cara baru untuk belajar melalui film yang ditonton. Kita bisa meninggalkan jejak sejarah menciptakan inovasi – inovasi baru melihat dunia secara global menemukan peleburan budaya baru untuk pendidikan Indonesia, membentuk budaya berfikir yang dinamis dalam menghadapi perkembangan zaman,” tutur Mendikbud.

Sebanyak 21 penghargaan diberikan dalam FFI 2016. Penghargaan Film Terbaik diraih film “Athirah”

. Tidak hanya menyabet penghargaan sebagai Film Terbaik FFI 2016, “Athirah” juga mendapatkan lima penghargaan lain, yaitu untuk nominasi Sutradara Terbaik (Riri Riza), Penulis Skenario Adaptasi Terbaik (Salman Aristo dan Riri Riza), Pengarah Artistik Terbaik (Eros Eflin), Penata Busana Terbaik (Chitra Subyakto), dan Pemeran Utama Wanita Terbaik (Cut Mini).

Mendikbud Muhadjir Effendy memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada para pemenang FFI 2016. “Kemenangan ini adalah kemenangan kita semua. Kita juga berterima kasih kepada festival film Indonesia yang telah sukses mengeluarkan kembali peristiwa malam ini mari kita mengapresiasi film karya anak bangsa karena saya bangga film Indonesia. Maju terus perfilman Indonesia,” katanya. (Desliana Maulipaksi)

 

Sumber :

https://www.ayoksinau.com/