Our Blog

What we post and publish is awesome!

Kualifikasi dan Kemampuan Operational Head di Perusahaan Asuransi

Kualifikasi dan Kemampuan Operational Head di Perusahaan Asuransi

Kualifikasi dan Kemampuan Operational Head di Perusahaan Asuransi

1. Pendidikan

Dari segi pendidikan, seorang operational head di perusahaan asuransi biasanya dituntut untuk memiliki strata pendidikan minimal Sarjana di bidang asuransi dengan IPK minimal 2,8. Tapi tidak menutup kemungkinan strata yang lebih rendah ataupun jurusan pendidikan yang lain juga bisa diterima untuk mengisi posisi ini asalkan memilikipengalaman yang mumpuni atau minimal pengalaman yang berkaitan dengan dunia asuransi.

2. Pengalaman

Dari segi pengalaman tentunya untuk menjadi seorang kepala operasional harus benar-benar memahami medan yang akan dihadapi, karenanya pengalaman anda di bidang asuransi akan sangat berguna jika anda melamar posisi ini. Pengalaman yang diminta biasanya berkisar antara 2 tahun pengalaman kerja hingga 5 tahun pengalaman kerja di bidang yang sama atau minimal, berkaitan dengan asuransi.

3. Memahami Manajemen Resiko dan Underwiting

Jika anda memahami mengenai dunia asuransi terutama dalam hal Manajemen Resiko (Risk Management) dan underwriting, pastinya perusahaan tak akan ragu-ragu untuk merekrut anda. Karenanya abagi anda yang berencana atau pernah mengincar posisi ini, setidaknya anda harus mendalami dua hal tersebut meskipun memang masih banyak hal atau materi lain yang bermanfaat untuk anda dalam melamar posisi ini.

4. Menguasai Literatur Komputer (Office Software)

Dikarenakan perusahaan asuransi merupakan perusahaan jasa yang berkembang dengan pesat dan bisa dibilang ranahnya masih tersegmen di kalangan tertentu, seorang Operational Head di perusahaan asuransi dituntut untuk menguasai literatur komputer dengan baik karena hampir semua proses pekerjaan asuransi ditunjang oleh komputer dan hampir tidak ada yang dilakukan secara manual.

5. Menguasai Bahasa Inggris

Terkadang saat menjadi seorang Operational Head, realasi dan klien yang datang bukan hanya dariorang lokal saja tapi bahkan sampai ekspatriat yang berasal dariseluruh dunia tetapi berdomisili di Indonesia. Tentunya jika anda memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik, akan memudahkan anda untu berkomunikasi dengan mereka bukan?

6.Memiliki Kemampuan Komunikasi yang baik
dikarenakan perusahaan asuransi adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa, makan tidak heran jika semua pegawai asuransi harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini bertujuan aga klien benar benar memahami akan hak dan kewajiban mereka selaku klien asuransi.

7.Memiliki Relasi yang luas
Kemampuan komunikasi yang baik selalu disandingkan dengan relasi yang luas, yap, karena orang yang mampu berkomunikasi dengan baik, belum tentu memiliki relasi yang luas, karena terkadang komunikasi saja tidak cukup untuk menambah relasi, tapi dbutuhkan waktu yang lama dalam membangun sebuah reputasi yang akan membentuk relasi anda dengan sendirinya. Karenanya “banyak relasi” ini menjadi salah satu persyaratan khusus bagi anda yang berencana untuk menjadi Operasional head di perusahaan asuransi.

8.Mampu berada dalam tekanan
Sebagaimana umumnya perusahaan jasa, target selalu menjadi momok yang menakutkan dan seolah menjadi sebuah keharusan, target ini tentunya menjadi beban yang berat dan akan menjadi tekanan jika anda tidak mampu memenuhinya. Karena itulah, seorang Operational Head di perusahaan asuransi diharuskan memiliki mental yang kuat dan mampu menghadapi tekanan yang ada baik dari Internal perusahaan maupun eksternal perusahaan.


Sumber:

https://kelasips.co.id/