Our Blog

What we post and publish is awesome!

MARS PROPINSI JAWA TIMUR

MARS PROPINSI JAWA TIMUR

MARS PROPINSI JAWA TIMUR

Bangun pagi itu kadang sulit. Ini ada beberapa tips untuk bisa bangun pagi:

1. Jangan tidur larut malam.
Kalau perlu, tidurlah jam 8 sore. Selama musim summer di mana azan isya’ datang jam 9.30-an, bolehlah tidur lebih telat.

2. Tidur di meja.
Kalau terpaksa tidur larut malam, misalnya karena ada acara TV yg bagus,
cobalah untuk tidur di meja. Terbukti cara ini bisa membuat tidur pulas, badan segar, tapi tetap bisa bangun sekitar jam 4 pagi atau kurang. Coba buktikan sendiri. Pastikan meja cukup panjang dan kosong. Meja kelas atau meja di lab adalah contoh yang ideal.

3. Pasang alarm ganda
Maksudnya, pasang alarm di HP, di jam beker, dan di HP satunya lagi kalau punya. Pastikan semua memiliki fasilitas snooze. Dan jangan lupa untuk mengatur alarm pada jam yg pagi sekali, seperti 4.30 misalnya.

4. Minta dibangunkan teman.
Cara ini lumayan efektif karena setelah dibangunkan, otomatis akan timbul perasaan tidak enak ke teman kalau kita tidur lagi setelah susah-susah dibangunkan. Teman tersebut tidak perlu berada serumah dgn kita, karena jaman sekarang sudah ada telepun dan HP. Yang penting, jangan buat HP jadi silent, dan sebaiknya mesin telepun dipasang pada volume keras agar terdengar ketika kita masih tidur.

5. Carilah tempat tinggal yang dilalui rute bus.
Bus kota biasanya mulai beroperasi dini hari. Suara gemuruh bus kota di keheningan pagi bisa menjadi alat efektif untuk mengusik kita dari tidur.

6. Tidurlah di ruang yang terkena sinar matahari pagi.
Seandainya keadaan memaksa kita untuk ketiduran hingga matahari terbit, maka dengan tidur di ruang yang terkena sinar matahari pagi secara langsung akan sedikit banyak membuat kita terbangun secara alami. Jangan tidur di ruangan yang gelap sepanjang hari, karena badan akan menganggap bahwa hari adalah malam terus, sehingga ‘tertipu’ untuk menginginkan tidur lebih lama.

7. Peliharalah ayam di dalam rumah.
HP anda tidak perlu ada ringtone ayam berkokok. Pelihara saja yang aslinya. Lebih efektif karena lebih sulit dimatikan.

8. Pilihlah kelas pagi.
Jika anda masih kuliah, carilah mata kuliah yang kelasnya pagi, kalau perlu yang jam 9 pagi, atau jam 7 kalau di Indonesia. Dengan demikian, kita dipaksakan untuk bisa bangun pagi.

9. Carilah tempat tinggal yang sangat jauh dari kantor atau sekolah.
Lebih jauh rumah kita dari kantor atau sekolah, maka biasanya kita akan bangun lebih pagi, karena kita butuh waktu lebih lama untuk perjalanannya. Lebih bagus lagi, carilah tempat tinggal yang jarang dilalui transportasi umum, sehingga kita bisa lebih ‘on-time’. Tempat2 yang ideal untuk ini misalnya Bankstown, Mt. Druitt, Parramatta, Marsfield, Sutherland, Liverpool, Blacktown, Hornsby, dsb. Untuk Jogja, contohnya adalah tinggal di Klaten, Wates, Pakem, Dlingo, Tepus, Solo, Magelang, dsb.

10. Minta dibangunkan ibu.
Bagi yang masih beruntung bisa tinggal bersama orang tua, minta lah ibu untuk membangunkan. Dan cara ini di antara cara-cara lainnya adalah yang paling enak dan menyenangkan, karena ibu biasanya akan membangunkan dengan penuh kasih sayang.

Sumber : https://forbeslux.co.id/