Our Blog

What we post and publish is awesome!

Mengenal ArcView

Mengenal ArcView

Mengenal ArcView

Software yang digunakan dalam SIG kini telah banyak dijumpai dipasaran. Salah satu yang sering digunakan saat ini adalah ArcView. Arcview merupakan salah satu software sistem informasi geografis yang paling banyak digunakan untuk mengolah data spasial. ArcView dibuat oleh ESRI (Environmental Systems Research Institute), perusahaan yang mengembangkan program Arc/Info.

ArcView memudahkan kita dalam mengolah data, menganalisa dan membuat peta serta laporan yang berkaitan dengan data spasial bereferensi geografis. Selain itu, ArcView dapat melakukan operasi-operasi matematik dan menyediakan bahasa pemrograman (script) serta melakukan fungsi-fungsi khusus lainnya dengan bantuan extensions.

Saat ini ESRI telah mengeluarkan tiga seri ArcView yaitu ArcView 3.1, ArcView 3.2 dan ArcView 3.3 dimana setiap pengeluaran seri terbaru dilakukan penyempurnaan-penyempurnaan. Untuk mengetahui perkembangan mengenai software ArcView dapat dilihat di website http://www.esri.com. Software ArcView 3.3 memiliki 7 modul utama yang disebut dokumen, yaitu : Project, Theme, Views, Table, Chart, Layout dan Script.

ArcView memiliki salah satu kelebihan yaitu kemampuannya dalam berhubungan dan berkerja dengan menggunakan bantuan extensionsExtensions (dalam konteks perangkat lunak SIG ArcView) merupakan suatu perangkat lunak yang bersifat “plug-in” dan dapat diaktifkan ketika penggunanya memerlukan kemampuan fungsionalitas tambahan. Extensions dalam ArcView secara umum terbagimenjadi dua kelompok yaitubumdled/core dan optional. Bundled/core extensions merupakan modul yang telah ada secara otomatis bersamaan dengan program ArcView, sedangkan optional extensions merupakan modul yang terpisah dan harus di instalkan ke dalam computer terlebih dahulu. Extensions ini pada umumnya berfungsi untuk memperluas kemampuan-kemampuan kerja dari ArcView itu sendiri. Contoh-contoh extensions ini adalahSpasial Analyst, Edit Tools v3.1Geoprocessing, JPGE (JFIF) Image SupportLegend ToolProjection Utility WizardRegister and Transform Tool dan XTools Extensions.

Sumber : https://filehippo.co.id/