Our Blog

What we post and publish is awesome!

NASA Luncurkan ICESat-2 untuk Mengukur Ketebalan Es di Bumi

NASA Luncurkan ICESat-2 untuk Mengukur Ketebalan Es di Bumi

NASA Luncurkan ICESat-2 untuk Mengukur Ketebalan Es di Bumi

PELUNCURANNYA terkait dengan misi US$1 miliar atau Rp14,7 triliun untuk mengungkapkan kedalaman es yang mencair di bumi saat iklim menghangat.

Satelit dengan berat setengah ton ini diluncurkan di atas roket Delta II dari Vandenberg Air Force Base di California. Jendela peluncuran 40 menit dibuka pada pukul 5.46 pagi waktu setempat (12.46 GMT).

“Misi ini sangat penting untuk sains,” kata Richard Slonaker, eksekutif program ICESat-2 di NASA kepada wartawan menjelang peluncuran.

Terhitung sudah hampir satu dekade sejak NASA memiliki alat di orbit untuk mengukur ketinggian permukaan lapisan es di seluruh dunia.

Misi sebelumnya, ICESat, diluncurkan pada 2003 dan berakhir pada 2009. Dari situ, para ilmuwan mengetahui bahwa es laut menipis dan lapisan es menghilang dari wilayah pesisir di Greenland dan Antartika. Sembilan tahun berselang, sebuah misi pesawat, yang disebut Operasi IceBridge, telah terbang di atas Kutub Utara dan Antartika, “mengambil pengukuran tinggi dan mendokumentasikan perubahan es,” kata NASA.

Akan tetapi, pembaruan sangat dibutuhkan. Ketergantungan manusia yang konstan pada bahan bakar fosil untuk energi berakibat pada gas rumah kaca yang semakin memanas terus meningkat.

Suhu rata-rata global meningkat dari tahun ke tahun, dengan empat tahun

terpanas di zaman modern yang berlangsung dari 2014-2017. Lapisan es menyusut di Arctic dan Greenland, menambah kenaikan permukaan laut yang mengancam ratusan juta orang di sepanjang garis pantai.

ICESat-2 harus membantu para ilmuwan memahami seberapa banyak melelehnya

lapisan es berkontribusi terhadap kenaikan permukaan laut. “Kami akan dapat melihat secara khusus proses perubahan es selama satu tahun,” kata Tom Wagner, ilmuwan program cryosphere di NASA.

Semakin tepat data yang dikumpulkan dari tahun-tahun sebelumnya

akan meningkatkan pemahaman para ilmuwan tentang perubahan iklim dan meningkatkan perkiraan kenaikan permukaan laut, katanya lagi.

 

sumber :

https://apkmod.co.id/