Our Blog

What we post and publish is awesome!

Pengertian Ilmu Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Sejarah

Membahas tentang sejaran, pandangan kita tidak pernah lepas dari masa lampau. Sejarah bukanlah sesuatu yang asing bagi kita. Masih banyak di antara kita yang belum mengetahui apa sebenarnya sejarah itu.
Pengetahuan sejarah menjadi sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tidak ada masyarakat di dunia ini yang tidak mengenal sejarah.

Sejarah telah menjadi suatu pengetahuan yang penting dalam kehidupan suatu bangsa atau negara. Berikut beberapa pendapat tentang arti sejarah.

Pengertian Ilmu Sejarah

Sejarah di artikan dengan silsilah, keturunan (daftar asal usul). Arti ini di ambil dari kata syajaroh yang berarti pohon. Pohon memiliki ranting, dan seterusnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh W.J.S Poerwadarminta sejarah di artikan :

1.Silsilah, asal usul (keturunan)
2.Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa yang lampau.
3.Riwayat
4.Tambo

Pengetahuan atau uraian mengenai peristiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau.

Menurut Herodutus

Sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan pasti, melainkan bergerak seperti garis lingkar yang tinggi rendahnya di akibatkan oleh keadaan manusia

Menurut Ibnu khaldun

Dalam bukunya Mukadimah, ia mendefinisikan sejarah, yaitu catatang tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu.

Menurut Ruslan Abdul Gani

Sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan manusia dan mayarakat di masa lampau beserta kejadian-kejadiannya kemudian di nilai secara keritis seluruh hasil penelitiannya guna di jadikan pedoman bagi penilaian keadaan sekarang dan di masa depan .

Menurut M. Yamin

Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atau hasil penyelidikan berbagai peristiwa yang dapat di buktikan dengan kenyataan.

Menurut J.V Bryce

Menurut J.V Bryce dalam buku the study of America History menyatakan bahwa sejarah dalam catatan tentang apa yang telah di pikirkan, dikatakan, di perbuat manusia.

Menurut Patrick Gardimer

Patrick Gardimer menyatakan bahwa sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah di perbuat oleh manusia.

Menurut R. Moh . Ali

a. Jumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
b. Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa-peristiwa di masa lampau dan
c. Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan perisriwa-peristiwa di masa lampau.

Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa sejarah adalah kisah yang terjadi pada masa lalu dan ada hubungannya dengan manusia.
Berdasarkan beberapa pengrtian dari pada ahli sejarah di sebut dapat di simpulkan bahwa secara umum pengertian sejarah yaitu :

Peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.
Cerita atau kisah atau catatang tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau yang tersusun berdasarkan peninggalan atau
sumber sejarah.
Ilmu yang mempelajari peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.


Baca Juga :