Our Blog

What we post and publish is awesome!

Tugas Account Officer

Tugas Account Officer

Tugas Account Officer

Secara umum, banyak orang yang memiliki pemikiran bahwa account officer itu adalah sales/marketing. Yap benar, tapi tidak sepenuhnya. Jika Account Officer diposisikan sebagai sales atau marketing, maka tidak mungkin Bank atau perusahaan lainnya di bidang perbankan masih membuka lowongan dan atau mempekerjakan marketing di perusahaan mereka. Secara gamblang hal ini sudah memberikan gambaran pada kita bahwa sebenarnya ada perbedaan yang signifikan antara marketing dan Account Officer meskipun pada kenyataannya memang terdapat banyak sekali kesamaan antara tugas dan tanggung jawab Account Officer dengan Marketing. Untuk lebih singkatnya kita bahas satu persatu tugas Account Officer dibawah ini ;

1. Melakukan pengenalan produk terhadap klien/nasabah/konsumen

Dalam hal ini, tanggung jawab utama dari sweorang Account Officer adalah memberikan pengenalan Produk dari tempat dia bekerja kepada konsumen, produk yang yang ditawarkan itu biasanya bukan berupa barang, tapi berupa jasa, misalkan jasa pinjaman, KPR, Kredit, Deposito, dan lain-lain yang erat hubungannya dengan dunia perbankan atau finance. Pengenalan produk ini dilakukan dimana saja, baik itu di kantor jika ada konsumen yang dating, ataupun dilapangan dimana seorang account officer mendatangi klien secara langsung, atau melalui program perusahaan, biasanya melalui pameran, atau melalui gathering di tempat tempat yang ramai.

2. Menjaga Hubungan Baik dengan Klien/Nasabah/Konsumen (Follow Up)

Terhadap konsumen baru, ataupun konsumen yang sudah pernah menjadi nasabah/klien, seorang account officer bertugas untuk menjalin hubungan baik. Cara menjalin hubungan ini beragam, baik dari menghubungi via telepon atau cara on air lainnya, ataupun dengan mendatangi langsung sekedar menanyakan kabar. Mengapa hal seperti ini harus dilakukan. Logikanya, jika seorang relasi anda memiliki sepuluh orang sanak keluarga, maka jika anda memiliki 10 relasi anda bisa dikatakan memiliki seratus nama yang mungkin saja bisa menjadi klien anda, karena biasanya seorang nasabah yang sudah merasa kenal kepada seorang account officer ataupun marketing selalu mereferensikan saudara atau sanak mereka yang hendak menggunakan jasa perbankan atau finance kepada Account Officer dan Marketing yang mereka kenal tersebut.

3. Memberikan Penerangan Terhadap Klien yang Tidak Mengerti

Jika terdapat klien yang belum memahami produk yang akan merekan ambil, Account Officer bertugas memberikan penerangan secara menyeluruh hingga klien tersebut mengerti dan benar benar memahami produk yang akan dia ambil agar tidak terjadi kesalahpahaman kedepannya. Jika kemudian terjadi salah paham, maka Account Officer yang menangani klien ini sebelumnya harus mempertanggungjawabkan pekerjaannya terhadap atasannya. Resikonya sangat besar, bisa sampai Pemutusan Hubungan Kerja jika diketahui seorang Accout Officer tidak memberikan penerangan yang lengkap kepada konsumen.

4. Berkoordinasi dengan Marketing Untuk Membuat Perencanaan Pemasaran

Jika dirasa perlu, seorang Account Officer senantiasa berkoordinasi dengan marketing untuk lebih mempermudah pekerjaannya, tentunya unsur efektivitas dan efisiensi kerja senantiasa diterapkan dalam ranah usaha apapu, dan koordinasi dengan marketing bagi Seorang Account officer adalah demi mendukung efisiensi dan efektifitas tersebut.

5. Memberikan Solusi Bagi Konsumen/Klien/Nasabah yang bermasalah

Jika terdapat Konsumen/Klien/Nasabah yang bermasalah, baik itu dari segi pengajuan ataupun pembayaran dan pelunasan, seorang account officer bertugas untuk memberikan solusi terbaik dan jalan keluar yang lebih menguntungkan perusahaan tanpa membuat si konsumen merasa dirugikan. Begitu tepatnya, karenanya diperlukan gaya bicara yang persuasif dalam menghadapi konsumen seperti ini.

6. Melakukan Analisa Kelayakan Konsumen/Klien/Nasabah

Seorang Account Officer bertugas untuk melakukan analisa kelayakan dari konsumen/klien/Nasabah yang mengajukan kredit terhadap perusahaan, hal ini dimaksudkan agar konsumen yang diberi kredit adalah konsumen yang tidak memiliki peluang untuk menjadi Problem Account atau secara sederhananya bermasalah dalam segi pembayaran kedepannya. Jika seorang Account Officer melakukan analisa secara asal asalan, sikhawatirkan akan terjadi masalah kedepannya yang akan membuat karir dia menjadi tersendat, bahkan bisa sampai PHK.

6. Membuat Laporan
Setiap minggu atau bulan, seorang acoount officer bertugas untuk membuat laporan kerja, atau laporan analisa dari konsumen yang dia handle. Sebagai informasi tambahan, seorang Account Officer dalam satu perusahaan finansial biasanya memiliki wilayah kerja masing masing, missal jika dalam satu kota dibagi menjadi  empat region, maka biasanya terdapat empat orang account officer yang bertugas menangani segala permasalahan diregional mereka masing masing.


Baca Artikel Lainnya: